Tips Kerja

5 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja di Kantor


Saat melakukan suatu pekerjaan, atau produktivitas anda akan sangat mempengaruhi lingkungan kerja. Maka dari itu, lihatlah beberapa tips berikut yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Tips mengembangkan produktivitas kerja – dalam suatu pekerjaan, semua orang pasti tau akan mengalami suatu masalah yang mungkin akan mengganggu produktivitas. Pastinya, disadari atau tidak, produktivitas dan performa anda sangat berpengaruh di lingkungan kerja. Bahkan, mungkin posisi anda akan terancam oleh orang yang lebih produktif. Jadi karena itu, cobalah melakukan bebebrapa tips meningkatkan produktivitas kerja berikut ini.

5 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja

1. Lebih banyak tersenyum

Mengerjakan berbagai macam pekerjaan setiap hari pastinya melelahkan atau membuat bosan, apalagi jika pekerjaan itu terlalu monoton. Tanpa sepengetahuan anda, mungkin raut wajah anda akan semakin lesu. Agar anda bisa memunculkan kembali energi positif, cobalah untuk lebih banyak tersenyum. Selain bisa membuat perasaan menjadi lebih baik, tersenyum juga bisa membuat rekan kerja anda akan merasa nyaman saat bekerja bersama.

2. Mempelajari hal baru

Meskipun job desk anda berfokus pada satu kegiatan saja, apa salahnya jika anda mencoba untuk belajar beberapa hal – hal baru. Kalau anda mempelajari keterampilan yang bisa menunjang tugas utama anda. Dengan cara itu, anda tidak akan merasa bosan dengan apa yang selalu anda kerjakan atau tugas utama anda. Secara tidak langsung pun itu akan meningkatkan produktivitas anda.

Untuk contohnya, anda di tempatkan di bagian customer service. Ada beberapa skil seperti public speaking, bisa membaca emosi lawan bicara, dan sebagainya itu bisa menunjang performa anda. Contoh lainnya adalah jika anda bekerja di posisi marketing. Ada banyak keterampilan yang dapat dipelajari seperti copywriting, storytelling, digital marketing, atau content marketing.

3. Menjalin relasi yang baik dengan rekan kerja

Semua karyawan memang sudah memiliki bagian atau posisi masing – masing. Meskipun begitu, bukan berarti hal itu menjadi tembok sihingga tidak menciptakan hubungan yang baik antar karyawan. Setelah jam istirahat di mulai atau sesudah bekerja, cobalah untuk membangun sebuah relasi positif seperti brcanda, menanyakan keadaan saat ini, atau berbicara ringan lainnya.

Mungkin anda akan mebutuhkan pertolongan dari rekan kerja anda saat di luar tempat kerja. Jadi ketika hari libur berkunjung lah ke tempat tinggal rekan kerja anda. Hal pasti akan meningkatkan ikatan yang cukup baik dan bisa menjadikan anda pribadi yang lebih produktif di banding kan sebelumnya.

4. Merapikan meja kerja

Meja kerja yang tidak rapi atau berantakan itu akan mepengaruhi produktivitas anda. Barang – barang yang tata cara meletakannya tidak rapi itu juga akan membuat anda susah berkonsentrasi sehingga pekerjaan anda akan kacau. Setidaknya rapikan meja kerja minimam empat hari sekali. Tetapi, akan lebih baik lagi jika anda merapikan meja kerja setiap hari.

Tambahkan beberapa aksesoris atau barang pendukung yang bisa memacu semangat kerja anda seperti kalimat – kalimat motovasi atau foto keluarga tercinta. Kalau anda selalu melakukan hal ini, maka semua pekerjaan terasa lebih mudah untuk di kerjaakan dan pekrjaan akan selesai dalam waktu yang singkat.

5. Memaksimalkan Waktu libur

Waktu libur adalah sesuatu yang sangat berharga. Jadi jangan pernah menyian-nyiakan hal tersebut. Ada Banyak orang di luarsana yang masih membawa pekerjaan dalam pikiran mereka ketika menikmati waktu liburnya. Sehingga, yang didapat bukanlah pikiran yang segar, melaikan stres yang bertambah berat. Kalau memamng tidak ada sesuatu yang mendesak, fokuslah menikmati waktu libur itu dengan berkumpul dengan keluarga atau pergi ke tempat wisata. Sehingga, pikiran anda akan menjadi lebih fresh dan akan lebih siap untuk bekerja di hari berikutnya.

Begitulah beberapa tips untuk meningkatkan produktivitas kerja. Pada intinya, anda harus leih bisa mengatur waktu dan tenaga sebaik mungkin, juga bisa menempatka diri dengan benar kapan harus fokus bekerja dan kapan harus fokus dengan hal lain seperti keluarga. Keseimbangan adalah kunci yang bisa menjadikan anda menjadi lebih produktif.

Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan di Purbalingga, yuk lihat berbagai loker Purbalingga terbaru. Lewat link bibawah ini.
https://karirpurbalingga.id/

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button